Selasa, 15 November 2011

Ganti Kampas Kopling Scorpio

mas bro semua…. hhmmmm  tak mau kalah dengan bloger papan atas seperti Kang Haji Taufik…  yang mendapat pinjaman sepeda motor dari pabrikan. ..untuk daily test ride,  kali ini pun saya juga berkesempatan mendapat pinjaman sepedamotor 1minggu  free!,  bedanya adalah jika TMC blog murni untuk free test ride, maka saya mempunyai tugas untuk memperbaiki motor yang rusak!  :mrgreen: berawal dari keluhan teman bahwa scorpio nya tak bertenaga dan mengalami bayak loss power, mesin teriak namun tak segera tancap laju nya !  sikalajengking pun segera mengandang di markas Warung DOHC , chapter karawang test ride sebentar>>>  hmmm  jelas aja nich friction cluth nya habis terbakar lah jalan pelan gear 3 kalem, trus tiba2 berakselerasi aja bukannya over gear, yg terjadi malah mesin teriak high rpm, mirip matic!   :mrgreen: setelah sang empunya myetujui MOU untuk mencincang kala-jengking peralatan dapur pun saya siapkan! :D
:arrow:   usut punya usut ternyata scorpio ini hangus kampas koplingnya saat digunakan touring menanjak ! (diperkirakan si pengguna salah perlakuan kemungkinan tidak terbiasa menanjak  :mrgreen:   ) >>dari beberapa kali pengalaman bongkar kopling motor, justru scorpio inilah yang paling mudah di bongkar-pasang  !  loh kok bisa?…., mari  kita cermati:
langkah bongkar block cluth case scorpio
sebelum melakukan pembongkaran tap oli mesin sampai habis 1. lepas foot step kanan dengan kunci L-hexagonal – 6  (posisi mudah di samping) 2.lepas kick starter 3. silahkan buka semua baut pengikat bak kopling dengan kunci T-8 4. lepas baut nepel oil pipe dengan kunci ring-12 5. ketok perlahan  secara merata block kopling dengan rubber hammer, sambil tarik secara perlahan bak kopling agar packing tidak sobek system cluth  tranmision langsung bisa di bongkar..   tak seperti motor bebek, yg harus melepas, knalpot, fotstep bracket, brake  arm pokoknya si kalajengking ini, lebih mudah bongkar nya :D   selanjutnya   :arrow: lepas ke 4 baut yang saya lingkari merah.. dengan kunci T-8 :arrow:   tak perlu membuka  / mengendorkan baut tengah yang saya lingkari biru  :!:   karena baut tersebut adalah adjuster stut cluth yg terhubung dengan ball dari shaft pengungkit   :idea: >> buka cover house cluth,  lepaskan lembaran kampas satu persatu!  (jangan lupa posisi urutan kampas saat dilepas)
ingat2 komposisi pemasangan berkebalikan dengan pembongkaran!
kampas kopling 6 lembar original  seharga 209.000 rb
1 lembar kampas scorpio yang berbeda dimensi
For your information :arrow: kampas kopling scorpio terdiri dari 6 lembar dan uniknya terdapat 1 lembar yang dimensinya berbeda dari kelima kampas laennya….. lihat gambar kampas no 2 (lingkaran biru) posisi kampas tersebut terletak pada lembar ke -4 (urutan dari luar house cluth)   pemasangannya jangan sampai salah :!:  dan ditengahnya terdapat washer  (cincin logam) >>> untuk plat gesek susun secara teratur, dengan aturan sisi tajam di dalam,/  secara seragam!  _ berselang-seling dengan kampas kopling.
>>>pasang semua part   dengan cara berkebalikan saat  proses bongkar! >>> ganti oli dengan yang baru (1200ml) , dan lakukan penggantian oli (lagi) dalam waktu yang berdekatan,misal 500km  dengan tujuan untuk flushing sisa2 kotoran dan gram akibat kampas koplinng yang aus, dan ikut ter disribusi ke system pelumasan engine!   >>> ada baiknya filter oli juga di ganti karena dipastikan banyak gram menempel di filter tersebut…., bila mana belum berniat mengganti , boleh lah di cleaning sampai bersih !
gram sisa2 kampas yang hancur bisa menyumbat filter oli
setelah semua selesai test ride session, wussshhh  si kala jengking ngangkat2 lagi bisa standing  :D
bonus nich :arrow:
sambil mantengin blognya kang haji, gara2 diserang fansboys :mrgreen:
masih sempet blog walking :D (bukan analisa kerusakan via note book lho! "canggih amat kalo gitu :?: ) :mrgreen:
semoga bermanfaa
sumber:
http://azizyhoree.wordpress.com/2011/01/21/bongkar-replace-kampas-kopling-scorpio-z-225/


Blog Terkait:
1. Perawatan accu
2. Perawatan Busi dan Filter
3. Perawatan Rem Tromol
4.Perawatan Disc Breake ( Rem Cakram)

1 komentar:

  1. om ane pengen tanya susunan kampas kopling scorpio bagaimana sich om??????
    kampas kopling yg kecil di taro susunan brpa om?????

    BalasHapus